Wednesday, May 27, 2009

Egois

Dalam suatu hal egois memang diperlukan..
misalnya, dalam meraih cita2 dalam pekerjaan..,,dll

Analoginya berikut tentang hakikat EGOIS adalah...

Egois adalah ketika anda mengharapkan orang lain mengorbankan diri mereka untuk anda - dengan tidak melakukan apa yang sebenarnya mereka inginkan, tapi melakukan apa yang anda ingin mereka lakukan.
Egois adalah ketika anda tidak mendukung orang lain untuk mengasihi diri mereka sendiri, tapi mengharapkan mereka untuk mengasihi dan mengurus anda.

Tentunya definisi Egois bisa berbeda dalam pengertian kita masing2, tapi sayangnya kita sering tidak mampu mengendalikan diri atau meposisikan diri ketika kita sedang berbicang dengan temen2 kita. Keinginan untuk mendominasi pembicaraan, untuk selalu lebih atau menang terhadap lawan bicara kita , selalu merasa lebih dewasa atau berpengalaman dan sebagainya..walau itu terkadang dibumbui oleh sedikit/banyak kebohongan/ketidakjujuran..

Walopun terkadang ego itu terkait dengan sifat dan bakat dari seseorang, terlepas dari bagaimana dia dibesarkan dalam lingkungannya, sehingga orang sering menyebut..wah itu mah susah ilangnya..tapi saya ngeliat kalo intinya sebenarnya adalah bagaimana kita dapat mengendalikan diri (self control). Terhadap apa? Ya terhadap rambu2 agama, tenggang rasa atopun etika seperti yg kita miliki.

untuk menghadapi orang egois ??

menghadapi orang yang egois itu yang utama dengan kesabaran,bila dengan kesabaran dia gak mau menyadar juga ya kita ingetin dia klu dia itu egois,and kmu berharap keegoisan dia dapat berkurang,tapi yang terpenting kita ngadepin dia dg kesabaran. mana mungkin kan ngadepinnya dengan keegoisan juga ...


0 comments:

Post a Comment